Langsung ke konten utama

Featured Post

Manfaat Tanaman Krokot: Mengungkap Keajaiban Herbal yang Tersembunyi

7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi



Si Kecil mama acap kali rewel sesudah menyusu? Mungkin ia kembung, Ma!

Seringkali bayi menangis sebab perasaan tidak nyaman pada dirinya. Entah sebab tubuhnya gatal, kepanasan, kedinginan, atau kesakitan. Salah satu penyebab rasa tidak nyaman merupakan gas berlebih sehingga menyebabkan perut kembung.


Bagaimana Mama tahu bayi mama mengalami kembung?


Normalnya bayi memang akan acap kali kentut di permulaan-permulaan umurnya. Jika bayi acap kali kentut tapi konsisten tampak nyaman, ada kemungkinan kembung yang ia rasakan masih dapat ia tolerir. Melainkan kalau perut bayi keras, dan ia acap kali rewel terutama sesudah disusui, kemungkinan besar ia merasakan sakit dan tidak nyaman pada perutnya sebab kembung hal yang demikian.


Agar bayi kembali nyaman, berikut kami merangkum sebagian sistem untuk menghindari atau sistem menyelesaikan perut kembung pada bayi. 

1. Sendawakan tiap-tiap habis menyusui

Sistem menyelesaikan perut kembung pada bayi yang pertama merupakan menyendawakan. Tujuan dari menyendawakan si Karenanya tiap-tiap habis menyusui merupakan untuk mencegah perut bayi kembung atau bergas.


Tahukah Mama, banyak kesibukan yang membuat bayi menelan udara dan perutnya jadi mudah kembung, seperti tiap-tiap kali ia menangis, menyusui, maupun saat mengempeng atau mengedot.


Saat dari itu, benar-benar penting menyendawakan bayi tiap-tiap kali habis menyusui. Posisikan si Karenanya di pundak mama dan tepuk pelan punggungnya hingga ia bersendawa.


2. Pijat perutnya dengan gerakan memutar

Membuat si Karenanya menangis sebab kembung, sistem menyelesaikan perut kembung pada bayi dapat memijat pelan bagian perutnya dengan gerakan memutar searah jarum jam.


Mama juga dapat mengerjakan pijatan ini tiap-tiap kali habis mandi, atau di saat ia rewel sebab perasaan penuh pada perutnya. Melainkan jangan lakukan pijatan sesaat sesudah bayi menyusu sebab akan membuatnya muntah.

3. Jika gerakan seperti mengayuh sepeda

Kecuali mengerjakan pijatan pada perut si Karenanya, Mama juga dapat mengerjakan sistem menyelesaikan perut kembung pada bayi dengan gerakan kayuh sepeda untuk mengeluarkan gas pada perutnya.


Caranya merupakan letakkan bayi dalam posisi terlentang, gerakan kaki si Karenanya seperti sedang mengayuh sepeda. Jika ini dapat menjadi pijatan bagi bayi untuk menghilangkan gas pada perutnya.


4. Observasi posisi menyusui

Jika si Karenanya acap kali sekali mengalami perut kembung, mungkin posisi menyusuinya perlu diubah. Usahakan posisi kepalanya lebih tinggi dari perut ya, Ma.


Mama dapat menyusui dengan posisi berdiri supaya tidak terlalu banyak udara masuk ke perut si Karenanya. 


5. Gendong dengan posisi tegak

Kecuali menyusui dengan sistem tegak berdiri, kalau si Karenanya menangis sebab kembung, Mama juga dapat menggendongnya dengan sistem tegak berdiri, atau merekatkan badannya pada dada mama.


Kecuali skin to skin akan membuat bayi menjadi lebih hening, posisi ini juga dapat membantu mengeluarkan gas dari perut si Karenanya.


6. Mandikan dengan air hangat

Mandi air hangat memang tidak dapat mengeluarkan gas pada perut bayi. Melainkan, mandi dengan air hangat dapat membuat perasaan relaks pada bayi dan akan membuatnya lebih nyaman.


Jika si Karenanya sedang kembung, cobalah untuk memandikannya dengan air hangat supaya ia lebih merasa hening.

7. Observasi asupan makanan mama

Kecuali mungkin banyak udara yang masuk saat si Karenanya sedang menyusui atau menangis, ada kemungkinan juga gas hal yang demikian berasal dari makanan yang Mama konsumsi.


Cobalah untuk menghindari makanan yang bergas kalau si kecil mama acap kali kembung.


Makanan yang mengandung gas antara lain seperti, brokoli, kol, bawang, kafein seperti kopi dan teh, atau produk susu.


Jika hal ini terlalu acap kali terjadi dan benar-benar mengganggu si Karenanya, Mama juga dapat memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui apakah si kecil mama mempunyai alergi makanan tertentu yang membuatnya kembung atau ia mengalami intoleransi laktosa.


Itulah tadi isu perihal sistem menyelesaikan perut kembung pada bayi, semoga dapat berkhasiat untuk Mama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

I ngin si kecil lebih sehat?? Apa solusinyanya?? ASI menjadi minuman sekaligus makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil dengan mudah. Tidak heran jika banyak wanita yang menjaga kualitas dan kesehatannya untuk mendapatkan ASI yang lebih sehat dan berkualitas. Daun katuk menjadi daun yang sudah di kenal karena mampu menjaga kesehatan dan kualitas daun katuk dengan sangat baik. Ini di lihat dengan kandungan daun katuk seperti protein, serat kasar, vitamin K, pro vitamin, vitamin b, dan vitamin c, kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Kandungan tersebut tentunya sangat sempurna yang memberikan banyak manfaat daun katuk lainnya untuk menjaga kesehatan dengan sangat baik. Namun, tentunya banyak sekali manfaat daun katuk selain sangat baik untuk kesehatan ASI ibu untuk si kecil. Berikut ini beberapa khasiatnya seperti: Ragam Manfaat Daun Katuk Daun katuk paling sering dimanfaatkan untuk melancarkan ASI © tipscaraterbaik.com Melancarkan ASI Jadi, untuk para ibu

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

Bagi seorang wanita jerawat memang menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Adanya jerawat bisa menganggu penampilan anda sehari. Pada wanita jerawat bisa muncul pada saat masa sebelum menstruasi. Selain itu juga bisa disebabkan karena tidak pernah membersihkan wajah. Ada banyak sekali obat atau bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat. Jika jerawat sudah parah memang harus dilakukan perawatan secara rutin. Anda tak perlu pergi ke salon kecantikan dan menghabiskan banyak uang hanya untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan menggunakan lidah buaya. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya Ilustrasi lidah buaya untuk menghilangkan jerawat © womenshealthvn.com Cara Monoterapi Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang pertama dengan cara monoterapi. Yang dimaksud monoterapi adalah penggunaan lidah buaya saja untuk mengobati jerawat.

Manfaat Tanaman Waru: Pengobatan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tanaman Waru: Pengobatan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan Pendahuluan Tanaman waru (Hibiscus tiliaceus) telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit dan juga sebagai bahan perawatan kecantikan. Waru, yang juga dikenal sebagai pohon kenanga laut, memiliki beragam manfaat yang telah diakui dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini mengandung senyawa aktif yang membantu mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat tanaman waru untuk kesehatan dan kecantikan. Kita akan melihat berbagai cara penggunaannya dan mempelajari mengapa tanaman ini menjadi pilihan yang baik dalam perawatan alami. Jadi, mari kita mulai dengan mengeksplorasi asal usul dan deskripsi tanaman waru. Asal Usul dan Deskripsi Tanaman Waru Tanaman waru berasal dari daerah tropis dan subtropis, termasuk Asia Tenggara, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Tanaman ini memiliki bentuk pohon dengan cabang yang menjulang tinggi dan daun hijau yang le