Langsung ke konten utama

Featured Post

Manfaat Tanaman Krokot: Mengungkap Keajaiban Herbal yang Tersembunyi

Cara Menghilangkan Kutil, 8 Metode Mudah dan Bisa Dilakukan Di rumah

  


Kutil yakni benjolan berupa jaringan kulit yang kasar ketika disentuh. Kutil bisa terjadi pada siapa saja.


Kutil umumnya tidak membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Walau umumnya tidak membahayakan, kutil bisa menimbulkan rasa sakit, serta mengganggu penampilan dan tentunya membikin tidak percaya diri.

 

Gangguan kulit ini paling kerap kali muncul di tangan dan kaki. Kutil berbentuk benjolan bulat, kasar, serta berwarna pucat.


Kutil muncul sebab infeksi virus HPV (human papillomavirus) pada kulit, khususnya kulit yang luka. Human papillomavirus umumnya menyebar sesudah orang bersentuhan atau memakai barang pribadi secara bersama-sama dengan orang lain.


Melainkan, jangan kuatir, sebab mereka yang bersentuhan dengan virus ini tidak otomatis tertular sebab hal itu dipengaruhi dengan kekebalan tubuh masing-masing. Metode menghilangkan kutil bisa memakai bahan-bahan natural.


Ada sebagian sistem natural yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut ini yakni sebagian sistem menghilangkan kutil dengan bahan-bahan natural, disarikan dari Klikdokter dan Alodokter.

8 Cara Menghilangkan Kutil dengan Alami:

1. Cuka apel


Cuka apel bisa diterapkan sebagai bahan natural untuk menyelesaikan kutil. Cuka apel memiliki kandungan antimikroba yang diyakini bisa membunuh sebagian variasi kuman dan virus penyebab kutil.


Anda cukup mencelupkan cotton bud ke wadah yang telah diisi cuka apel. Kemudian Anda tempelkan cotton bud itu di area yang ditumbuhi kutil semalaman dan lepaskan keesokan paginya.


Lakukan sistem ini secara berulang tiap-tiap malam.


Ingat, selalu encerkan cuka apel dengan air. Kadar asam yang tinggi dalam cuka apel bisa menimbulkan iritasi. Hindari mengusapkan cuka apel pada luka terbuka.


2. Bawang putih


Metode dulu bawang putih telah diketahui bisa menyelesaikan permasalahan kulit seperti kutil. Kandungan allicin dalam bawang putih berperan bisa menghancurkan enzim dan patogen membahayakan.


Metode mengobati kutil secara natural dengan bawang putih cukup praktis. Cukup haluskan satu siung bawang putih lalu seduh dengan sedikit air.


Lalu oleskan ramuan tersebut ke area yang terdapat kutil dan tutupi dengan perban. Ulangi perawatan dengan obat kutil natural ini tiap-tiap hari selama minimal tiga minggu.


3. Vitamin C


Bahan berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untu menyelesaikan kutil yakni vitamin C. Untuk mendapatkan khasiatnya Anda cukup haluskan tablet vitamin C, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta.


Metode itu, oleskan ramuan tersebut pada kutil dan balut dengan plester. Lakukan selama sebagian hari hingga kutil hilang.


4. Kulit pisang


Natural cuma daging buahnya yang memiliki beraneka manfaat kesehatan, kulit pisang juga bisa diterapkan sebagai satu di antara sistem natural menghilangkan permasalahan ini. Kebanyakan orang belum tahu manfaat kulit pisang untuk menyelesaikan kutil.


Kandungan enzim proteolitik dalam kulit pisang sanggup dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Cukup gosokkan kulit pisang di area yang terserang kutil dan pastikan untuk mencuci tangan setelahnya supaya virus kutil tidak menyebar.


Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang optimal.


5. Lidah buaya


Bahan natural berikutnya yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan kutil yakni lidah buaya. Kendati belum ada studi berhubungan menghilangkan kutil secara natural dengan lidah buaya, gel tanaman ini bisa bisa meredakan gatal dan nyeri sebab kutil.


Anda cukup oleskan gel lidah buaya tiap-tiap hari. Metode ini sanggup melawan patogen, termasuk virus herpes simpleks variasi 1 juga.


6. Madu


Madu bisa diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan kulit seperti kutil. Ilustrasi ini disebabkan oleh sifat madu sebagai antibakteri dan antivirus.


Metode yang bisa Anda lakukan, yakni oleskan madu pada kutil, kemudian tutup permukaan tersebut memakai perban.


Penutupan kutil memakai madu bertujuan untuk mencegah adanya oksigen yang masuk, sehingga bisa membunuh virus penyebab kutil.


5 dari 5 halaman

Metode Menghilangkan Kutil Natural Ilustrasi

Ilustrasi kemangi, bahan natural atasi kutil

Ilustrasi kemangi, bahan natural atasi kutil. (Photo by Julia Schwab on Pixabay)

7. Tea tree oil


Kandungan antivirus dalam tea tree oil bisa membantu membinasakan kutil yang tumbuh di wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup campur 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes almond atau castor oil.


Teteskan larutan tersebut sebanyak 3-4 tetes ke kapas. Letakkan pada kutil selama 5-10 menit.


Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.


8. Kemangi


Tumbuhan ini memiliki kandungan antivirus, sehingga sanggup membasmi virus penyebab kutil. Metode menghilangkan kutil di wajah memakai kemangi cukup simpel.


Anda cukup haluskan sebagian lembar daun kemangi, lalu aplikasikan ke area yang terdapat kutil. Tutup permukaan yang telah diolesi kemangi memakai perban.


Lakukan tiap-tiap hari selama 1-2 minggu.


 


Sumber: Klikdokter, Alodokter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

I ngin si kecil lebih sehat?? Apa solusinyanya?? ASI menjadi minuman sekaligus makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil dengan mudah. Tidak heran jika banyak wanita yang menjaga kualitas dan kesehatannya untuk mendapatkan ASI yang lebih sehat dan berkualitas. Daun katuk menjadi daun yang sudah di kenal karena mampu menjaga kesehatan dan kualitas daun katuk dengan sangat baik. Ini di lihat dengan kandungan daun katuk seperti protein, serat kasar, vitamin K, pro vitamin, vitamin b, dan vitamin c, kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Kandungan tersebut tentunya sangat sempurna yang memberikan banyak manfaat daun katuk lainnya untuk menjaga kesehatan dengan sangat baik. Namun, tentunya banyak sekali manfaat daun katuk selain sangat baik untuk kesehatan ASI ibu untuk si kecil. Berikut ini beberapa khasiatnya seperti: Ragam Manfaat Daun Katuk Daun katuk paling sering dimanfaatkan untuk melancarkan ASI © tipscaraterbaik.com Melancarkan ASI Jadi, untuk para ibu

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

Bagi seorang wanita jerawat memang menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Adanya jerawat bisa menganggu penampilan anda sehari. Pada wanita jerawat bisa muncul pada saat masa sebelum menstruasi. Selain itu juga bisa disebabkan karena tidak pernah membersihkan wajah. Ada banyak sekali obat atau bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat. Jika jerawat sudah parah memang harus dilakukan perawatan secara rutin. Anda tak perlu pergi ke salon kecantikan dan menghabiskan banyak uang hanya untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan menggunakan lidah buaya. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya Ilustrasi lidah buaya untuk menghilangkan jerawat © womenshealthvn.com Cara Monoterapi Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang pertama dengan cara monoterapi. Yang dimaksud monoterapi adalah penggunaan lidah buaya saja untuk mengobati jerawat.

Manfaat Tanaman Waru: Pengobatan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tanaman Waru: Pengobatan Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan Pendahuluan Tanaman waru (Hibiscus tiliaceus) telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit dan juga sebagai bahan perawatan kecantikan. Waru, yang juga dikenal sebagai pohon kenanga laut, memiliki beragam manfaat yang telah diakui dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini mengandung senyawa aktif yang membantu mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat tanaman waru untuk kesehatan dan kecantikan. Kita akan melihat berbagai cara penggunaannya dan mempelajari mengapa tanaman ini menjadi pilihan yang baik dalam perawatan alami. Jadi, mari kita mulai dengan mengeksplorasi asal usul dan deskripsi tanaman waru. Asal Usul dan Deskripsi Tanaman Waru Tanaman waru berasal dari daerah tropis dan subtropis, termasuk Asia Tenggara, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Tanaman ini memiliki bentuk pohon dengan cabang yang menjulang tinggi dan daun hijau yang le